Rabu, 09 September 2009

Mahasiswa Harus Bergerak!

Kami adalah kamu, muda beda dan berbahaya….

Penggalan lagu berjudul Jika Kami Bersama punyanya Superman is Dead sedikit banyak bisa menginspirasi kita, khususnya mahasiswa, generasi penerus bangsa yang menjadi penentu bakalan kayak gimana Indonesia masa depan nanti.
See now, banyak pergerakan Indonesia yang tujuannya untuk kesejahteraan bangsa disegala bidang. Dengan berlandaskan hati nurani rakyat, pergerakan yang dilakukan para mahasiswa gak bakalan berakhir sia-sia. Tapi, semua tergantung persepsi masing-masing. Apakah pergerakan mahasiswa yang membakar ban di jalanan depan gedung MPR/DPR merupakan suatu yang pantas dilegalkan? Apakah aksi di tragedy Trisakti pantas kita sebut suatu kebenaran dalam membela keadilan? Ini yang harus kita kaji lebih dalam.
Mengkajinya lebih dalam bukan berarti pergerakan mahasiswa kebanyakan dampak negatifnya. Terbukti dengan berdiri kokohnya tugu rakyat yang orisinil buatan mahasiswa. Bukankah itu merupakan salah satu pergerakan mahasiswa dalam membela rakyat? !
Mahasiswa di era terbuka seperti ini sudah bukan merupakan masyarakat yang pasif, tapi aktif. Bukan hanya mengandalkan teriakan-teriakan idealis tanpa realisasi. Yang dibutuhkan adalah mahasiswa yang memberi teladan terhadap rakyatnya. Siapapun. Pergerakan mahasiswa haruslah kritis dan membangun agar dapat membantu masyarakat menghadapi masalah yang dihadapinya. Studi lapangan merupakan salah satu kegiatan yang efektif untuk menyelami dan menyatu dengan hati masyarakat itu sendiri.
Intinya, untuk bidang apapun mereka bergerak, dari manapun latar belakang mereka berasal, mereka disatukan tahta yang berjudul Mahasiswa. Pembela tanah air yang tidak hanya bicara dan teriak di depan gedung merdeka, yang tidak hanya membakar ban dan menyerukan,”Turunkan harga BBM.”, yang tidak hanya berorasi di depan public tapi juga merealisasikan apa yang mereka omongkan. Hidup mahasiswa!!!



Citra Wulandary Yunisha
Kelompok 4
Kelas A S1 Ilmu Komunikasi Unpad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar