Rabu, 09 September 2009

pergerakan mahasiswa by : rusli

mahasiswa merupakan salah satu unsur terpenting dari dunia pendidikan di dunia termasuk di Indonesia, mahasiswa tidak hanya berperan sebagai penerima dan penjalan segala kebijakan dari pemerintah, namun juga berperan sebagai pengawas dan penyeimbang segala kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, apakah kebijakan itu layak atau tidak diterapkan di negara kita dengan keadaan negara kita pada saat itu.

Tragedi Trisakti tahun 1998 merupakan salah satu contoh aksi pergerakan mahasiswa, dimana pada saat itu, para mahasiswa menolak kebijakan-kebijakan presiden Soeharto yang menurut mereka sangat merugikan masyarakat dan bangsa Indonesia, mereka menggerakan massa mahasiswa dari kampus trisakti menuju gedung DPR dan berhasil mendudukinya, bukan itu saja, mereka juga berhasil menurunkan Soeharto dari jabatannya sebagai presiden.

selain politik, mahasiswa juga selalu berperan aktif dalam bidang sosial dan budaya, tidak sedikit mahasiswa yang selalu turun ke jalan dan menjadi sukarelawan saat terjadi bencana alam dan tragedi lainnya.

dari sisi buaya juga demikian, banyak mahasiswa Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa dengan pengembangan budaya, baik lokal maupun internasional, salah satu nya dengan pertukaran budaya antar bangsa yang sering dilakukan berbagai Universitas di dunia, tidak sedikit dari Mahasiswa Indonesia yang mampu membuat bangsa lain terkagum dengan budaya Indonesia.

maka sudah saatnya mahasiswa untuk mampu berpikir kritis dan mengurangi tindakan anarkis yang pada akhirnya dapat merugikan bangsa dan masyarakat, lebih memilih hal positif dan efisien dalam hidup.

by : rusli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar