Rabu, 09 September 2009

Pergerakan Mahasiswa

Pergerakan mahasiswa adalah hal yang dimulai sejak era orde baru mulai berakhir atau tepatnya pada tahun 1998. pada saat itu mahasiswa memulai aksi demo atau istilah lainnya pergerakan mahasiswa karena kehidupan di masa orde baru yang tidak lagi dianggap layak dan tepat bagi kehidupan negara republik Indonesia di masa depan. Korupsi, kolusi, dan nepotisme yang mengakar sejak jaman orde baru berjalan membuat kehidupan bangsa Indonesia tidak berkembang bahkan menuai keburukan bagi perekonomian dan kehidupan bangsa Indonesia.

di jaman reformasi, pergerakan mahasiswa semakin berkembang. mahasiswa melaksanakan pergerakan dikarenakan tidak adanya tanggapan dari pemerintah akan tuntutan yang telah mereka kemukakan sebelumnya. pemerintah yang dianggap lamban menangani dan merespons akan suara masyarakat dan mahasiswa membuat mahasiswa melakukan aksi turun ke jalan.

mahasiswa sebagai agent of change, membuat mahasiswa dianggap sebagai orang-orang yang mampu membantu masyarakat untuk menyuarakan suara-suara minoritas yang terkadang tidak direspons atau dianggap sebelah mata pemerintah ataupun beberapa elite politik. mahasiswa yang juga menjadi bagian dari masyarakat dianggap mampu untuk membantu masyarakat yang merasa terbelakang.

demo, dan aksi turun massa adalah suatu aksi yang dilancarkan mahasiswa untuk menyuarakan suara dari kelompok-kelompok yang tidak di dengar suaranya. mereka melaksanakan aksi tersebut karena dengan demo dan dilihat secara umum dan publik akan membuat pemerintah yang lamban menangani kasus-kasus tersebut akan membuat mata pemerintah bahwasanya ada suara-suara yang wajib mereka dengar karena mereka memiliki hak sebagai warga negara untuk menyuarakan pendapatnya.

oleh karena itu, pemerintah hendaknya mendengar dan merespons pendapat dari kelompok-kelompok yang menyurakan pendapatnya karena setiap warga negara memiliki hak untuk berpendapat dan didengar. selain itu mahasiswa yang melakukan demo dan aksi turun jalan untuk berorasi secara baik dan tertib karena penduduk yang lain juga memiliki hak untuk hidup tenang.


Azwardi iqbal
Kelompok 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar