Rabu, 09 September 2009

Zaman sekarang ini, mahasiswa dituntut untuk menjadi mahasiswa yang kritis, kreatif, dan loyal. Sikap tersebut kini banyak ditunjukkan mahasiswa dengan melakukan pergerakan-pergerakan di berbagai bidang. Banyak mahasiswa yang melakukan protes-protes di jalan agar kebijakan-kebijakan mengenai kehidupan rakyat yang dianggap merugikan bisa dirubah. Selain hanya memprotes kebijakan pemerintah mahasiswa juga memberikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Solusi-solusi yang dianjurkan mahasiswa yaitu,

1. Ciptakan industri hulu di dalam negeri terutama terkait pemenuhan hajat hidup orang banyak. Contoh singkat pengolahan gas alam, terus minyak mentah, juga energi terbarukan. Dengan ini juga akan terbuka lapangan pekerjaan dan pewadahan orang-orang ahli dari Indonesia yang mungkin saat ini banyak dipekerjakan oleh perusahaan/industri asing.

2. Tunaikan hak warga negara dengan memberikan pendidikan yang murah dan berkualitas, sejahterakan guru dan pendidik, tingkatkan fasilitas pendidikan.

3. Berikan perhatian yang seimbang bahkan kalau perlu lebih pada wawasan nusantara. Dimana kelautan merupakan salah satu akekuatan besar negeri Indonesia. Serahkan pengelolaan alam pada ahlinya. Penggiat alam dan kawan-kawan pecinta lingkungan, bukan pada pengusaha kayu dan hasil hutan.

4. Perkuat pertahanan dengan memproduksi alat pertahanan bersenjata di dalam negeri, dengan memberikan kesempatan pada teknologi dan anak negeri untuk mempresentasikan kemampuannya.

Itu hanya sebagian solusi yang dianjurkan mahasiswa. kita sebagai mahasiswa harus mempunyai jiwa intelektual supaya bisa memperjuangkan hidup rakyat banyak. Hidup Mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar