Rabu, 09 September 2009

Pergerakan mahasiswa identik dengan demonstrasi, aksi massa, yang terkadang diikuti oleh bentrok dengan petugas keamanan. Sebenarnya semua itu tidak perlu terjadi dan tidak semua pergerakan mahasiswa dalam bentuk demo dan berakhir dengan bentrokan.

Pergerakan mahasiswa selain aksi demo di jalan yaitu membentuk lembaga-lembaga masyarakat, organisasi, dan aksi-aksi lain. Salah satu contohnya yang dilakukan oleh mahasiswa UNPAD yaitu mengadakan GAMPAR, Gerakan Mahasiswa Unpad Anti Korupsi. Gerakan ini salah satu pergerakan mahasiswa yang memiliki nilai positif dan harus dipertahankan.

Demo-demo mahasiswa turun ke jalan sekarang ini mulai berkurang. Karena sekarang media sudah berkembang pesat. Para mahasiswa sekarang ini mengadakan pergerakan melalui berbagai media, salah satunya dengan internet. Dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, mahasiswa menyampaikan aspirasi mereka kepada para pengguna facebook. Dan secara tidak langsung para pengguna facebook tersebut sering kali menyampaikan aspirasi mereka ke masyarakat luas.

Pergerakan mahasiswa memiliki nilai positif dan negatif. Nilai positifnya, jika gerakan yang dilakukan itu kondusif dan bermanfaat bagi negeri ini. Nilai negatif yaitu saat gerakan yang mereka lakukan justru merusak sarana umum, dan juga menghancurkan nilai mereka di bangku kuliah.

Menurut saya, bagaimanapun gerakan yang dilakukan oleh mahasiswa, itu sangat bermanfaat untuk menyadarkan beberapa lapisan masyarakat. Mahasiswa melakukan gerakan ini karena mereka sadar bahwa mereka adalah "agent of change" kalau bukan mereka yang bergerak dan mengingatkan pemerintah, lalu siapa lagi?

by Jihad Akbar Digdaya Haq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar